RANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN DINKES KOTA BANDUNG DALAM PROGRAM VAKSINASI COVID-19

Dicky Yusuf Budiman Kusmayadi, Deddy Mulyana, Diah Fatma Sjoraida

Abstract


Program vaksinasi Covid-19 dalam pelaksanaannya melibatkan banyak bidang dengan cakupan kerja yang beragam sehingga memerlukan koordinasi dan kerjasama dengan intensitas yang sangat tinggi. Kolaborasi lintas sektor di bidang komunikasi juga tidak luput dari perhatian Kementerian Kesehatan RI. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Dinas Kesehatan Kota Bandung merancang strategi komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi kesehatan yang diterapkan pada program vaksinasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan program vaksinasi Covid-19 sebagai topik penelitian. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. data. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan informan yang dianggap berpotensi untuk memperoleh informasi penelitian tentang komunikasi kesehatan dalam program vaksinasi Covid-19 dan laporan penilaian di tingkat organisasi perangkat daerah mengenai pengelolaan media sosial dengan platform Instagram di Juli 2022. Dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika dengan menggunakan indikator penilaian FAIR, kinerja Dinas Kesehatan Kota Bandung menduduki peringkat ke-3 dari 20 besar Dinas Kesehatan Jabar Juli 2022. Hal ini perlu disikapi dengan peningkatan produktivitas konten, serta interaksi. Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan memerlukan kolaborasi antarsektor untuk mendukungnya. Perancangan Strategi Komunikasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung melalui bagian Humas yang diawali dengan pengelolaan strategi komunikasi berdasarkan teori Manajemen Komunikasi Risiko dan Krisis.

Keywords


Strategi Komunikasi, Komunikasi Kesehatan, Pengelolaan Media Sosial,Media Sosial Instagram Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung.

References


Effendy, O. (1993). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi (1st ed.). Citra Aditya Bakti.

Hindayani, L., Ulfah Haika, N., Putri Herdati, J., Fajar Kurniawati, M., Komunikasi, I., Magister Ilmu Komunikasi, P., & Selatan, K. (n.d.). Komunikasi Kesehatan di Masa New Normal.

Kahn, & Cannell. (1957). The dynamics of interviewing.

Liliweri, A. (2007). Dasar-dasar komunikasi kesehatan (1st ed., Vol. 363). Pustaka Pelajar.

Littlejohn, Foss, & Oetzel. (2017). Theories of human communication (11th ed., Vol. 477). Waveland Press, Inc.

Littlemore. (2003). The communicative effectiveness of different types of communication strategy. System, 31(3), 331–347. https://doi.org/10.1016/S0346-251X(03)00046-0

Mulyana, D. (2013). Metodologi penelitian kualitatif (Vol. 302). Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo. (2005). Promosi kesehatan teori dan aplikasi (Sudarti Kresno, Ed.; 1st ed., Vol. 389). Rineka cipta.

Rakhmaniar Almadina. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN PENANGANAN COVID-19.

Sellnow, & Seeger. (2013). Theorizing Crisis Communication (2nd ed., Vol. 4). John Wiley & Sons.

Suri, I., Hidayat, N., & Halim, U. (n.d.). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial KOMUNIKASI KESEHATAN DI ERA DIGITAL : STRATEGI PEMERINTAH DALAM SOSIALISASI PROGRAM VAKSIN COVID-19 1. https://doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.850-858

Zhang, L., Li, H., & Chen, K. (2020). Effective risk communication for public health emergency: Reflection on the covid-19 (2019-ncov) outbreak in wuhan, china. Healthcare (Switzerland), 8(1). https://doi.org/10.3390/healthcare8010064




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright